Mimpi Ke-4

Posted: Juli 25, 2009 in Mimpi-mimpiku

“Fifi senangnya buku apa kalo baca?” Saya mencoba membuka pertanyaan ketika saya sedang bermain ke Prapto. Bukan Prapto sebenarnya, tapi Soeprapto. Saya lebih senang menyebutnya”Prapto” daripada Soeprapto. Soeprapto itu adalah nama sebuah jalan yang terletak di mainroad kota Bengkulu. Kenapa disebut jalan Soeprapto? Karena untuk mengenang sang Gubernur Bengkulu. Ya, gubernur Bengkulu pertama kali dipimpin oleh Soeprapto. Beliau orang Jawa. Itu pun baru katanya. Baru info sepihak.Karena saya pun belum banyak tahu tentang sejarah Bengkulu dari masa awal penjajahan sampai sekarang. Meskipun, sebenarnya, saya lahir di sana. Barangkali Anda tahu? Boleh berbagi. Atau memang Anda agak-agak tidak tahu? Berarti, kita wajib belajar lagi. Saya pun teringat ungkapan Bung Karno yang selalu menjadi semangat sebagai anak bangsa,”Jangan pernah lupakan Jas Merah!” Itu artinya, menurut hemat saya, “Jangan pernah melupakan sejarah!” Dari sejarah lah, kita akan mendapat informasi tentang bagaimana ajaran hidup yang tersembunyi lainnya. Maaf, kalau tiba-tiba saya menjadi pengajar sejarah dadakan di sini. Cie..cie

Setelah saya mencoba melemparkan satu pertanyaan kepada ponakan saya itu, saya pun mendapat jawaban saat itu juga.”Fifi suka buku cerita,Mang!” Ungkap hatinya. Saat itu, Fifi sedang duduk manja di luar teras di atas sebuah Kursi. Saya, sebagai pelaku utama ada di sana juga. Tepatnya, berhadapan dengan ponakan saya. Secara ajaib, dan mungkin juga mengejutkan, buku cerita yang Fifi inginkan itu telah berada di tangan saya sebelah kanan. Tanpa ada basa-basi lainnya, saya langsung memberikan buku itu padanya.”Makasih,Mang!” Mulut Fifi bersuara.

Selang beberapa menit, Fifi langsung berubah ujud. Berubah menjadi seorang laki-laki. Apakah karena pemberian buku tadi? Saya tidak tahu jelasnya. Laki-laki itu, kini berdiri di samping pohon Belimbing. Aneh yang ada.

Tinggalkan Balasan

